29/10/2020
  • 23:59 Selamat Hari Raya Idul Adha 1441H
  • 19:29 Lowongan Kerja (Feb 2020)
  • 14:23 Wisuda AKFAR 17 SMG ke 20
  • 14:17 Informasi PMB AKFAR 17 SMG Tahun 2020
  • 11:16 KEGIATAN BAKTI SOSIAL AKADEMI FARMASI 17 AGUSTUS 1945 SEMARANG

Dalam rangka mendukung pemanfaatan tanaman herbal untuk meningkatkan kesehatan pada masyarakat Indonesia melalui Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2016 mengenai upaya pengembangan kesehatan melalui asuhan mandiri, pemanfaatan tanaman obat keluarga dan ketrampilan budidaya serta cara mengolahnya. Pemanfaatan tanaman obat herbal pada masyarakat Indonesia diharapkan dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan kesehatan

Pemberiaan doorprize bagi peserta yang berhasil menjawab dengan benar
pertanyaan tentang upaya penanganan penyakit dengan pemanfaatan herbal

Sejalan dengan program pemerintah tersebut Akademi Farmasi 17 Agustus 1945 Semarang mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di desa Nglimut Gonoharjo Kec Limbangan Kab. Kendal tentang pemanfaatan tanaman herbal untuk mengatasi penyakit degenaratif. Materi penyuluhan disampaikan oleh Rokhana, S.TP, M.Si selaku dosen Biologi Farmasi beserta dua mahasiswanya Meutia dan Komala. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Wisata Bumi Kemah Nglimut Gonoharjo Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal Pada hari Sabtu 12 Oktober 2019.

Pengetahuan masyarakat tentang pemanfaatan tanaman obat sebagian besar masih sebatas turun temurun dengan memanfaatkan keunggulan tanaman obat untuk mengobati penyakit degeneratif. Beberapa jenis tanaman herbal yang dimanfaatkan antara lain kunyit, temulawak, jahe, kencur, sirih, serai,daun salam, sambiloto, binahong, jambu biji. kumis kucing, Tanaman obat mengandung senyawa kimia alami, memiliki efek farmakologis dan bioaktivitas yang penting terhadap penyakit infeksi sampai degenerative, cara pemanfaatanya beragam ada yang direbus (jamu godog), dibuat teh, atau di jus.


Peserta antuasia dalam mengikuti penyuluhan yang sedang diberikan

Penyuluhan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan minat masyarakat dalam pemanfaatan obat tradisional yang berasal dari bahan alam dengan bahan baku yang mudah didapatkan dan relatif murah. Peserta terlihat antusias hal itu terlihat banyaknya pertanyaan yg di sampaikan, acara terakhir adalah pemberian doorprize bagi peserta yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar yang diberikan oleh pemateri.

aminz

RELATED ARTICLES
LEAVE A COMMENT