29/02/2020
  • 19:29 Lowongan Kerja (Feb 2020)
  • 14:23 Wisuda AKFAR 17 SMG ke 20
  • 14:17 Informasi PMB AKFAR 17 SMG Tahun 2020
  • 11:16 KEGIATAN BAKTI SOSIAL AKADEMI FARMASI 17 AGUSTUS 1945 SEMARANG
  • 11:12 SINERGI AKFAR 17 AGUSTUS 1945 DENGAN BADAN NARKOTIKA NASIONAL DALAM PENANGGULANGAN PEREDARAN GELAP DAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA

Semarang – Daun binahong akhir-akhir ini banyak menjadi buah bibir karena kegunaannya yang makin populer untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan. Tanaman ini adalah salah satu jenis tanaman herbal, yang pada bagian daunnya dapat digunakan untuk mengobati luka pada kulit.

Dari hasil skrining fitokimia bahwa daun binahong dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan luka pada kulit, karena mengandung saponin dan fenol yang merupakan senyawa antibakteri. Adapun Alkaloid dan flavonoid berfungsi sebagai antioksidan, sehingga daun binahong ini dapat membunuh bakteri penyebab luka tersebut.

Demikian disampaikan Nurpatria Tjahyani SSi,Apt, MSi.Med dosen Analisis Obat Tradisional Akademi Farmasi 17 Agustus 1945 Semarang (Akfar 17) Semarang, saat melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan melakukan pemahaman kepada siswa SMK Farmasi Teladan Mranggen Demak, baru-baru ini. Nurpatria mengatakan bahwa tanaman binahong (Anredera cordifolia (Ten) ini dikenal tanaman yang memiliki banyak khasiat untuk berbagai macam obat tradisional dimasyarakat sejak zaman dulu bahkan hingga sekarang meskipun sudah ada obat-obat yang lebih modern.
Uji Penelitian

Hal ini telah dibuktikan melalui beberapa uji materi dan penelitian yang dilakukan mahasiswa bimbingannya yaitu Yusniawati, Yoga dan Diah di LaboratoriumAkfar 17 Semarang.

Dari hasil penelitian ini ternyata daun binahong selain dapat digunakan sebagai media pengobatan, juga dapat dimanfaatkan untuk menunjang kesehatan kulit, seperti untuk mengobati luka berdarah. Caranya daun binahong ditumbuk atau dihaluskan secukupnya, kemudianoleskan pada bagian tubuh yang bengkak atau luka secara merata. Dilakukan selama luka masih dalam kondisi basah.

Disamping itu, lanjut dia, jugabisa untuk mengobati jerawat. Caranya ambil lima atau lebih daun binahong dan tumbuk sampai hancur. Langsung oleskan pada jerawatsecara teratur. Lebih baik jika diterapkan pada malam hari sebelum tidur. Jika ingin hasil yang maksimal, ambil 5-6 lembar daun binahong, kemudian rebus dengan dua gelas air, hingga tersisa satu gelas.

Daun itu juga bisa digunakan sebagai obat luar. Untuk pemakaianluar, daun binahong ditumbuk halus kemudian dioleskan pada bagian yang sakit. Bahan ini untuk menyembuhkan memar karena terbentur, rematik, pegel linu, sakit otot atau menghaluskan kulit.

Selain itu juga untuk menjaga kesehatan wajah. “Tips ini cukup efektif untuk menghilangkan keriput dan jerawat pada wajah. Cara membuatnya juga cukup mudah, yaitu daun binahong digunakan sebagai masker wajah. Caranya tumbuk 5-6 lembar daun binahong kemudian oleskan pada wajah yang bersih setiap sebelum tidur”


Foto bersama : Tim pengabdian kepada masyarakat Akfar 17 Semarang berfoto bersama dengan keluarga besar SMK Farmasi Teladan Mranggen, Demak, baru baru ini.

Pemberian cinderamata : Akademi Farmasi 17 Agustus 1945 Semarang kepada SMK Farmasi Teladan Mranggen

aminz

RELATED ARTICLES
LEAVE A COMMENT